Penyebab Otot Robek

Olahraga boleh, tapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, olahraga secara berlebihan menjadi bagian dari penyebab otot robek, termasuk pada bagian hamstring.

Anda sebaiknya tau batas kemampuan fisik Anda dalam melakukan kegiatan olahraga ini. Jangan terus dipaksakan jika tubuh Anda sudah memberikan sinyal berupa rasa lelah.

Penyebab Otot Robek
Cedera hamstring lebih umum terjadi pada atlet sepak bola (sumber : STUDENT | Universitas Udayana)

Jangan sampai tujuan awal olahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat malah berujung dengan cedera berupa otot robek.

Selain olahraga secara berlebihan, beberapa kondisi di bawah ini juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami otot robek. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

Penyebab Otot Robek

Otot sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, termasuk hamstring yang terletak di belakang paha. Hamstring ini memanjang dari pinggul sampai ke bagian bawah lutut.

Otot hamstring ini bisa mengalami robek. Umumnya, cedera hamstring ini lebih banyak terjadi pada atlet sepak bola. Mereka banyak melibatkan bagian otot ini, salah satunya saat menendang bola dan sprint.

Berlari dan melompat juga bisa menjadi penyebab otot robek, lho. Hal ini jika olahraga tersebut dilakukan secara berlebihan. Umumnya, cedera ini terjadi ketika tubuh Anda telah memberi sinyal berupa lelah, tapi Anda tetap memaksakannya.

Selain itu, beberapa kondisi yang juga dapat memicu terjadinya cedera hamstring atau otot robek meliputi:

  • Perkembangan otot yang tidak seimbang
  • Riwayat cedera hamstring, dan
  • Kelenturan otot yang buruk

Kendati demikian, otot robek maupun cedera hamstring bisa dicegah dengan:

  • Melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya
  • Melakukan peregangan dan latihan penguatan otot secara rutin
  • Jika Anda ingin meningkatkan intensitas latihan, maka lakukanlah secara perlahan
  • Segera hentikan latihan atau aktivitas olahraga jika merasakan sakit di bagian kaki, baik belakang paha maupun betis

Intinya, penyebab otot robek maupun cedera hamstring adalah melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan, terutama yang melibatkan lutut, seperti berlari dan melompat.

Nah, bagi Anda yang terlanjut mengalami robek pada otot hamstring maupun otot bagian lain, Anda bisa mengatasinya secara alami dengan bantuan QnC Jelly Gamat.

Kenapa Harus QnC Jelly Gamat?

Karena, QnC Jelly Gamat ini dibuat dari ekstrak teripang atau gamat emas yang mengandung bio-aktif lengkap, termasuk kolagen, asam amino, glucosamine, dan juga chondroitin untuk memperbaiki otot-otot Anda yang mengalami cedera.

Kandungan dalam teripang tersebut telah melalui banyak pengujian akan khasiatnya untuk mengatasi masalah otot, persendian, dan tulang.

Cara Mengatasi Otot Robek

Nah, khasiat lebih lengkap dan informasi produk lainnya, silakan kunjungi : Cara Mengatasi Otot Robek di sini.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab otot robek yang perlu Anda waspadai. Terima kasih sudah menyimak sampai akhir dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca.

SALAM SEHAT

Penyebab Otot Robek

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*