Penyebab Asam Urat Paling Sering dan Faktor Pemicunya

Penyakit asam urat tidak muncul begitu saja, pasti ada pemicunya. Sudahkah Anda tahu penyebab asam urat paling sering, baik pada lansia maupun usia muda?

Tingginya kadar asam urat yang pada akhirnya menumpuk di persendian ini tidak terjadi begitu saja. Ada banyak faktor yang menyebabkannya.

Penyebab Asam Urat

Nah, dengan Anda tahu penyebab atau pemicunya, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin untuk menekan risiko terkena asam urat.

Penyebab Asam Urat Paling Sering dan Faktor Pemicunya

Tahukah Anda bahwa penyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan gaya hidup? Apalagi makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh hingga akhirnya menumpuk di persendian Anda. Dan, salah satu penyebab asam urat paling sering adalah makanan yang Anda konsumsi, seperti:

  • Jeroan
  • Seafood
  • Alkohol
  • Daging merah
  • Dan beberapa jenis sayuran hijau tertentu, salah satunya melinjo.

Selain itu, masih ada faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan Anda menderita penyakit asam urat. Faktor risiko tersebut meliputi:

  • Memiliki kondisi medis tertentu, misalnya menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, sampai dengan gangguan ginjal
  • Obesitas atau memiliki berat badan berlebih
  • Sering konsumsi minuman ataupun makanan tinggi gula, termasuk soda
  • Efek konsumsi obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan aspirin
  • Baru saja mengalami cedera pada persendian

Risiko seseorang untuk menderita asam urat juga meningkat pada mereka yang memiliki orang tua atau saudara yang pernah menderita asam urat.

Apa Saja Penyebab Asam Urat Pada Usia Muda?

Umumnya, penyakit asam urat ini memang menyerang usia lanjut. Namun, anak muda kisaran usia 20 tahunan juga bisa mengalaminya.

Hal ini tentu saja perlu mendapatkan perhatian. Pasalnya, asam urat bukan gangguan persendian biasa yang bisa dianggap sepele.

Ketika asam urat tidak ditangani dengan benar, bukan hanya rasa sakit saja yang bisa dirasakan oleh penderita. Tapi, sendi yang terkena asam urat juga bisa membengkak dan berwarna merah.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu, apalagi pada anak muda dengan mobilitas yang tinggi. Maka dari itu, faktor penyebab asam urat pada usia muda perlu diketahui untuk tindakan pencegahan.

Secara umum, baik pada lansia maupun anak muda, penyakit asam urat dipicu oleh faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, termasuk makanan yang Anda konsumsi.

Jadi, intinya kalau mau terhindar dari penyakit asam urat, mulailah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Perhatikan makanan yang akan Anda konsumsi, istirahat dengan cukup, dan tetap rutin olahraga.

Jika Anda terlanjur terkena asam urat, silakan kunjungi tips mengatasi asam urat sampai tuntas di sini : Cara Mengatasi Asam Urat.

Informasi yang kami sampaikan di atas semoga bisa bermanfaat, ya, untuk kita semua terhindar dari penyakit asam urat.

Salam Sehat

Penyebab Asam Urat Paling Sering dan Faktor Pemicunya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*