Otot Sering Kedutan Seperti Bergerak Sendiri

Otot-otot Anda sering mengalami sensasi seperti ditarik atau menegang? Jika iya, maka Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut. Otot sering kedutan seperti bergerak sendiri bisa jadi pertanda adanya gangguan saraf, lho.

Kedutan pada otot-otot tubuh atau yang juga dikenal dengan istilah muscle twitching ini memang kondisi umum dan bisa hilang dengan sendirinya, terutama pada bagian kelopak mata, lengan, maupun bibir.

Otot Sering Kedutan
jangan sepelekan kedutan pada otot-otot Anda, ya!

Namun, jika kondisi tersebut terjadi terlampau sering, bisa jadi Anda memiliki risiko mengidap penyakit saraf tertentu, Maka dari itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan jika Anda sering mengalami otot kedutan.

Otot Sering Kedutan Seperti Bergerak Sendiri, Berbahaya Tidak?

Kedutan atau kontraksi yang terjadi pada otot secara tiba-tiba berupa kedutan-kedutan kecil tidak berbahaya, kok. Yang harus Anda waspadai adalah kedutan yang berlangsung lebih dari 5 menit dengan kedutan yang cukup kuat.

dr Frandy seperti dikutip dari laman detikhealth mengatakan, bahwa otot sangat berdekatan dengan saraf. Berkedutnya otot bisa jadi sinyal otot Anda mengalami kelelahan. Salah satunya karena melakukan olahraga atau aktivitas tertentu, seperti mendaki.

Apa Sajakah Yang Menyebabkan Otot Sering Kedutan ?

Ada banyak hal atau kondisi yang dapat memicu terjadinya kedutan pada otot Anda. Salah satunya karena stres, perasaan cemas, ataupun karena gugup.

Tahukah Anda, salah satu reaksi tubuh terhadap emosi yang Anda rasakan adalah dengan kedutan? Sinyal stres yang ditangkap tubuh Anda dapat merangsang reaksi pada saraf yang tidak menentu. Kondisi inilah yang menyebabkan otot Anda berkedut.

Selain stres, gugup, atau cemas, otot sering berkedut juga bisa dipicu oleh kondisi lain. Beberapa diantaranya karena:

  • Kekurangan nutrisi tertentu, seperti mineral, vitamin D, B6, dan B12
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, baik dari kopi, minuman berenergi, maupun makanan lainnya
  • Olahraga atau aktivitas yang berlebihan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti statin
  • Kurang istirahat
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Diam dalam posisi tertentu dalam waktu yang lama
  • Postur tubuh yang kurang baik
  • Terlalu banyak konsumsi alkohol

Otot sering kedutan juga tidak bisa diabaikan karena bisa jadi gejala dari penyakit saraf tertentu, seperti Bell’s Palsy, Distonia, Amyotrophic Lateral Sclerosis, atau penyakit saraf yang lain.

Istirahat yang cukup atau berendam air hangat bisa membuat otot rileks. Sehingga bisa sedikit membantu mengurangi kedutan yang terjadi pada otot Anda.

Itulah informasi mengenai otot sering kedutan seperti bergerak sendiri. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda mengenai bahaya atau tidaknya kondisi tersebut.

Salam Sehat

Posted By : obatnyeriotot.azkacollection.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*