Otot Punggung Sering Pegal dan Sakit

Apakah akhir-akhir ini otot punggung Anda sering terasa pegal dan atau sakit? Sebaiknya jangan diabaikan. Cari tahu apa yang menyebabkan otot punggung sering pegal dan sakit supaya bisa segera diatasi.

Nyeri ataupun pegal pada otot punggung sendiri merupakan kondisi yang sering terjadi. Bahkan, kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, termasuk anak-anak dan remaja.

Otot Punggung Sering Pegal dan Sakit

Ada banyak sekali faktor atau kondisi yang bisa membuat otot-otot punggung Anda terasa pegal ataupun sakit. Setidaknya, ada lebih dari 2 faktor yang dapat memicu otot punggung Anda sering merasa pegal atau sakit.

Nah, di bawah ada beberapa informasi yang berhasil kami rangkum mengenai penyebab nyeri dan pegal pada otot punggung serta solusi untuk mengatasinya.

Beberapa Penyebab Otot Punggung Sering Pegal dan Sakit

1. Cedera atau trauma

Kondisi yang paling sering menyebabkan bagian punggung Anda terasa pegal atau sakit, baik cedera saat melakukan olahraga, benturan, sampai dengan kesalahan saat mengambil barang yang cukup berat.

Kebanyakan dari kita saat hendak mengambil barang yang berada di bawah adalah dengan membungkukan punggung, padahal yang benar adalah dengan cara jongkok terlebih dahulu dengan menguashakan punggung tidak terlalu condong ke depan.

2. Terlalu lama duduk

Tanpa disadari, saat Anda duduk, bagian punggung atau tulang belakang menerima tekanan yang lebih banyak. Tidak heran, jika setelah Anda duduk dalam waktu yang lama, apalagi secara konstan atau dilakukan secara berulang membuat otot punggung Anda sering pegal dan sakit.

3. Merokok

Nikotin pada rokok tidak hanya memicu terjadinya serangan jantung, tapi juga dapat membatasi aliran darah ke bagian otot dan sendi yang melindungi tulang belakang Anda. Selain itu, nikotin dalam rokok juga dapat mengurangi penyerapan kalsium oleh tulang.

4. Kelebihan berat badan

Berat badan yang berlebih atau obesitas juga sedikit banyak dapat mempengaruhi bagian punggung Anda. Bagian punggung penderita obesitas umumnya menerima tekanan lebih banyak. Maka dari itu, kebanyakan penderita obesitas juga mengalami pegal atau sakit pada punggung.

5. Kekakuan pada otot punggung

Bagian punggung yang sering pegal dan atau sakit juga bisa menjadi pertanda otot-otot di punggung Anda sedang mengalami kekakuan.

Nah, itulah beberapa kondisi yang bisa memicu otot punggung Anda sering terasa pegal ataupun sakit.

Cara Mengatasi Otot Punggung Sering Pegal dan Sakit

Otot Punggung Sering Pegal dan Sakit
Perhatikan cara mengangkat barang yang benar!

Agar terbebas dari rasa pegal atau sakit pada bagian punggung, Anda bisa memulainya dengan merubah beberapa kebiasaan, seperti:

  • Memperbaiki postur tubuh Anda dengan cara menghindari posisi duduk yang salah, membungkuk, mirin, dan sebagainya
  • Jangan terlalu lama duduk, kalaupun pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk lebih lama, usahakan untuk selalu melakukan peregangan otot, berdiri atau sekedar berjalan ke toilet
  • Bijak dalam mengelola stres
  • Menghindari melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, termasuk mengangkat barang yang berat
  • Melakukan olahraga secara teratur, setidaknya 3 kali dalam seminggu

Selain itu, Anda bisa menerapkan kompres dingin dan hangat untuk mengatasi otot punggung sering pegal dan sakit. 48 jam sejak pertama kali otot punggung Anda terasa sakit, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin, dan melanjutkan dengan air hangat setelahnya.

Anda juga harus mengusahakan untuk memperhatikan posisi tidur Anda. Karena, posisi tidur yang kurang nyaman juga bisa memicu otot punggung Anda terasa pegal atau sakit.

Demikianlah informasi di atas mengenai otot punggung sering pegal dan sakit kami sampaikan. Semoga bermanfaat, ya 🙂

Supported Post : obatnyeriotot.azkacollection.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*