Bolehkah Tetap Olahraga Saat Nyeri Otot

Suka olahraga tapi sering mengalami nyeri otot setelahnya yang membuat Anda bertanya-tanya bolehkah tetap olahraga saat nyeri otot masih melanda? Jangan risau! Di sini, Anda akan mendapatkan jawabannya.

Nyeri otot yang muncul setelah melakukan olahra adikenal dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Kondisi umum yang bisa terjadi pada siapapun. Tidak hanya pada pemula, tapi juga pada Anda yang memang sudah sering olahraga.

Olahraga Saat Nyeri Otot
Bolehkah Kembali Berolahraga Jika Otot Masih Terasa Nyeri ? (Copyright : Google Image)

Umumnya, rasa sakit ini muncul pada 12 sampai 24 jam setelah berolahraga dan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Nyeri otot setelah olahraga ini terkadang membuat beberapa orang dilema. Apakah istirahat dulu dan tidak melakukan olahraga atau tetap lanjut olahraga meskipun otot masih nyeri.

Anda harus tahu, bahwa penyebab dari DOMS ini adalah kerusakan yang terjadi pada sel-sel otot yang justru dapat membuat serat otot terbangun kembali dan menjadi lebih kuat.

Jadi, Bolehkah Tetap Olahraga Saat Nyeri Otot Masih Dirasakan?

Tim Rich, seorang pakar olahraga mengatakan bahwa nyeri otot setelah melakukan olahraga tidak bisa dijadikan alasan untuk Anda berhenti berolahraga. Jadi, Anda masih boleh berolahraga saat otot masih nyeri.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan agar tidak melukai otot-otot Anda saat kembali melakukan olahraga.

Tips Melakukan Olahraga Saat Nyeri Otot

Menurut Rich, Anda masih bisa melakukan olahraga walaupun otot-otot Anda masih terasa nyeri akibat olahraga sebelumnya. Tapi, tentunya ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Jangan konsumsi obat pereda nyeri, misalnya ibupropen untuk membantu otot Anda menyesuaikan atau adaptasi dengan kegiatan olahraga Anda, termasuk jika Anda ingin melakukan gerakan baru
  2. Jangan ragu untuk berhenti saat nyeri terasa seperti terbakar selama Anda berolahraga.
  3. Pilihlah olahraga yang lebih ringan dengan intensitas yang dikurangi
  4. Konsumsi protein untuk membantu pemulihan nyeri otot yang Anda alami setelah melakuka olahraga

Nah, demikianlah informasi di atas mengenai boleh atau tidaknya melakukan olahraga saat nyeri otot masih Anda rasakan.

Semoga, artikel di atas dapat membantu Anda dan menghilangkan keraguan saat ingin melakukan olahraga walaupun masih mengalami nyeri otot.

Saran saya, ketika Anda melakukan olahraga, lakukanlah sewajarnya. Jangan sampai memporsir diri. Karena, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selain itu, imbangi juga dengan isitirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat untuk meringankan nyeri otot Anda, seperti sayur, buah, dan makanan sehat lainnya, termasuk ikan yang mengandung protein dan omega 3.

Posted By : Obat Nyeri Otot

Bolehkah Tetap Olahraga Saat Nyeri Otot ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*