Mengatasi Nyeri Otot Bahu dan Engkel Akibat Keseleo

Jika baru-baru ini Anda mengalami keseleo, baik pada bagian bahu maupun engkel (pergelangan kaki), jangan diabaikan, ya! Mengatasi nyeri otot bahu dan engkel akibat keseleo itu penting dilakukan agar tidak semakin parah nyerinya.

Keseleo atau terkilir ini dapat terjadi pada siapapun. Bahkan, keseleo juga bisa terjadi pada saat Anda berjalan dengan pelan karena tersandung batu atau terantuk benda lainnya. Kendati demikian, Anda tidak bisa menganggap remeh keseleo, baik pada otot bahu maupun pergelangan kaki atau engkel.

Mengatasi Nyeri Otot Bahu dan Engkel Akibat Keseleo

Saat keseleo, otot-otot mengalami ketegangan, bahkan robekan pada ligamen juga bisa terjadi. Kondisi ini yang menyebabkan rasa sakit dan juga pembengkakan pada area yang mengalammi keseleo.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Bahu dan Engkel Akibat Keseleo

Perawatan sendiri yang dilakukan di rumah bisa membantu mengatasi nyeri otot akibat keseleo ringan. Untuk informasi, ada beberapa tingkatan keparahan keseleo atau terkilir.

Pada tingkat 1, keseleo yang terjadi umumnya tidak terlalu parah dan tidak memerlukan perawatan medis. Bisa dirawat sendiri di rumah, baik dengan mengompres dingin yang dikombinasikan dengan kompres hangat setelah 48 jam sejak keseleo terjadi.

Sementara pada tingakat kedua dan ketiga biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Selain perawatan rumahan, bantuan medis bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot bahu dan engkel akibat keseleo.

Selain perawatan rumahan maupun bantuan medis, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini agar cedera yang Anda alami, dalam hal ini keseleo yang menyebabkan nyeri otot engkel (pergelangan kaki) atau bahu Anda segera membaik.

Perhatikan Beberapa Faktor Berikut Untuk Mengatasi Nyeri Otot Bahu dan Engkel Akibat Keseleo

Agar kondisi Anda bisa segera membaik, Anda juga perlu memperhatikan faktor lainnya, seperti:

  • Perbanyak waktu istirahat Anda dan kurangi aktivitas yang melibatkan anggota badan Anda yang keseleo
  • Anda juga bisa menggunakan penahan elastis di pergelangan kaki untuk mengontrol bengkak selama masa pemulihan
  • Membalut pergelangan kaki dengan bebat elastis juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi bengkaknya
  • Letakan kaki atau bagian yang keseleo lebih tinggi dari jantung. Anda bisa menggunakan tumpukan bantal untuk menyangga kaki Anda
  • Melakukan peregangan ringan untuk meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki juga bisa Anda masukan dalam list untuk mengatasi nyeri otot akibat keseleo

Selain melakukan hal-hal di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan untuk meredakan nyeri otot yang bagus untuk Anda konsumsi, lho, kalau-kalau Anda belum tahu. Salah satunya adalah buah blueberry.

Nah, demikianlah informasi seputar cara mengatasi nyeri otot bahu dan engkel akibat keseleo. Semoga, artikel kesehatan di atas bisa membantu kesembuhan Anda, ya!

Posted By : obatnyeriotot.azkacollection.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*