Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Penderita Nyeri Otot

Apa yang Anda lakukan saat nyeri otot melanda? Kompres atau ditempelin koyo? Mandi air hangat bisa jadi alternatif, lho. Manfaat mandi air hangat bagi penderita nyeri otot bisa Anda rasakan saat itu juga.

Mandi dengan air hangat bukan hanya membantu meregangkan otot-otot Anda yang tegang saja, lho. Mandi air hangat juga bisa membantu anggota tubuh Anda dan saraf-saraf Anda lainnya menjadi lebih rileks.

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Penderita Nyeri Otot

Kenapa mandi air hangat bagus untuk penderita nyeri otot? Pasalnya, salah satu penyebab nyeri otot itu sendiri adalah ketegangan yang terjadi pada otot, baik itu akibat cedera, keseleo, maupun kondisi lainnya. Jadi, otot-otot bisa sedikit lebih rileks saat Anda mandi dengan air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Penderita Nyeri Otot

Alternatif yang bagus bukan untuk sekedar meringankan nyeri otot yang Anda rasakan?

Selain untuk meredakan nyeri otot, mandi air juga bagus untuk mengatasi stres yang Anda alami. Ini juga akan berdampak positif pada nyeri otot yang Anda alami. Jika Anda belum tahu, stres dapat memperburuk nyeri pada otot, lho.

Pasalnya, saat Anda mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang bisa membuat otot-otot maupun persendian menegang. Maka dari itu, manfaat mandi air hangat bagi penderita nyeri otot bisa menjadi alternatif untuk sedikit meredakannya.

Apa bedanya mandi air hangat dengan kompres air hangat?

Tentu saja beda. Jika kompres, rasa panas akan langsung mengenai kulit dan reaksinya juga langsung. Bahkan, jika pertama kali mengalami nyeri otot akibat cedera, kompres air hangat atau panas tidak dianjurkan. Karena, dikhawatirkan bisa menambah bengkak otot yang nyeri. Seperti yang sudah dijelaskan kemarin pada pembahasan beda kompres air hangat dan kompres dingin untuk nyeri otot.

Sementara mandi hanya lewat saja dan tidak menetap lama. Artinya, meskipun dapat membantu melancarkan aliran darah, efeknya tidak akan seperti kompres.

Manfaat mandi air hangat bagi penderita nyeri otot bukan hanya untuk meregangkan otot yang tegang dan mengurangi stres saja, lho. Tapi, juga bermanfaat untuk:

  • Mengurangi cemas berlebihan
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mencegah insomnia dan gangguan tidur lainnya
  • Membantu tubuh lebih rileks

Meskipun banyak manfaat mandi air hangat bagi penderita nyeri otot, Anda tetap tidak boleh lama-lama atau terlalu sering mandi air hangat ini. Karena, mandi air hangat terlalu sering bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Demikianlah informasi di atas saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kesehatan Anda, ya.

Posted By : Obat Nyeri Otot

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Penderita Nyeri Otot

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*