Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Setelah melakukan olahraga badan pasti lengket. Kalau sudah begitu, biasanya kita inginnya buru-buru mandi. Kebanyakan lebih memilih mandi dengan air hangat. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat mandi air dingin setelah olahraga?

Mandi air hangat memang bisa membantu rileksasi otot-otot yang terkadang menegang setelah selesai berolahraga. Akan tetapi, manfaat dari mandi dengan menggunakan air dingin juga tidak bisa diabaikan, lho.

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Setidaknya, ada lebih dari 4 manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memilih mandi dengan menggunakan air dingin setelah selesai berolahraga. Apa sajakah? Berikut informasinya untuk Anda.

5 Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Mungkin, sebagian dari Anda pencinta olahraga ada yang belum mengetahui fakta ini. Mandi dengan air dingin setelah melakukan aktivitas olahraga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Nah, bagi Anda yang penasaran, di bawah ini ada beberapa manfaat mandi air dingin setelah olahraga yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa jurnal kesehatan mengatakan, jika setelah berolahraga Anda mandi dengan menggunakan air dingin, glutathione pada tubuh bisa meningkat. Glutathione sendiri merupakan salah satu antioksidan yang cukup kuat di dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan selain membantu menangkal radikal bebas juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan beberapa penyakit. Selain itu, antioksidan ini juga bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, kekebalan tubuh Anda akan menguat setelah mandi air dingin.

2. Pemulihan otot

Nyeri otot setelah melakukan olahraga itu merupakan kondisi yang wajar. Dan, mandi air dingin bisa membantu meningkatkan proses penyembuhan otot, lho.

Tidak hanya itu saja, mandi air dingin juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang baru saja dipakai berolahraga. Keuntungan lainnya adalah tubuh menjadi lebih segar.

3. Menghentikan proses inflamasi

Mungkin, tidak semua orang mentahui fakta ini. Salah satu manfaat mandi air dingin setelah olahraga juga dapat menghentikan proses inflamasi pada otot, lho. Di samping untuk mengatasi nyeri otot dengan cepat.

4. Menguatkan otot dan sendi

Manfaat lainnya dari mandi air dingin setelah berolahraga adalah untuk membantu menguatkan otot dan sendi Anda selain membantu pemulihan otot dan sendi.

5. Mengurangi lemak

Selain untuk membentuk massa otot, salah satu tujuan kita berolahraga adalah untuk mengurangi tumpukan lemak, kan? Nah, mandi air dingin setelah berolahraga dipercaya efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50%. Dengan demikian, tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak untuk tetap hangat.

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga Lainnya

Lebih dari itu, mandi setelah olahraga harus dilakukan demi kebersihan badan kita. Pasalnya, tubuh akan terasa lengket akibat keringat yang keluar selama berolahraga.

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Keringat tersebut juga bisa membuat tubuh Anda kotor dan bau. Apalagi, jika Anda melakukan olahraga di tempat gym yang tentunya satu alat digunakan oleh banyak orang membuat bakteri dan kuman bisa segera berpindah pada kulit Anda. Maka dari itu, mandi secepatnya sangat disarankan.

Bolehkah Langsung Mandi Setelah Olahraga?

Sebelum memutuskan untuk mandi, Anda sebaiknya melakukan dulu pendinginan selama beberapa menit untuk mengurangi risiko cedera pada otot dan sendi Anda setelah berolahraga.

Sebaiknya Berapa Lama Jeda Waktu Untuk Mandi Setelah Olahraga?

Agar manfaat setelah mandi lebih efektif, Anda sebaiknya memberi jeda waktu antara 15-20 menit setelah melakukan pendinginan dan keringat di badan Anda mulai kering.

Mandi setelah berolahraga tidak hanya membantu membersihkan badan dari keringat dan kotoran yang menempel (jika Anda olahraga di ruangan terbuka) saja, tapi juga membantu badan Anda menjadi lebih segar. Saat badan Anda segar, Anda menjadi lebih fit untuk melakukan aktivitas lainnya.

Catatan : Bagi Anda penderita penyakit jantung, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan mandi dengan air dingin setelah melakukan olahraga. Karena, perubahan suhu drastis akibat mandi air dingin setelah olahraga dapat menyebabkan gangguan penyesuaian denyut jantung.

Kondisi ini tidak akan menjadi masalah bagi orang sehat tanpa penyakit jantung.

Demikianlah informasi mengenai manfaat mandi air dingin setelah olahraga di atas kami sampaikan. Semoga, dengan informasi ini Anda tidak lagi bingung untuk mandi dengan air hangat atau dingin setelah berolahraga.

SALAM SEHAT

Posted By : Obat Nyeri Otot Alami

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*