Makanan Pemicu Kanker yang Harus Anda Hindari

Tahu, tidak? Gorengan termasuk kedalam daftar makanan pemicu kanker, lho. Padahal, makanan ini termasuk jenis yang disukai oleh hampir semua kalangan.

Tapi, tenang saja. Anda masih boleh, kok, memakan gorengan ini. Tapi, harus dibatasi dan cara memasaknya juga harus tepat. Jangan memakai minyak yang telah digunakan berulang kali.

Selain gorengan, masih ada beberapa makanan lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus.

Makanan Pemicu Kanker

Penasaran apa saja makanan yang menyebabkan penyakit kanker? Berikut ulasannya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Makanan Pemicu Kanker

Penyakit kanker menjadi momok menakutkan bagi siapapun. Pada wanita, ada kanker serviks dan kanker payudara di deretan teratas. Sedangkan pada pria, ada kanker prostat, dan kanker jenis lainnya.

Tanpa kita sadari, kita seringkali melakukan aktivitas maupun kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker, termasuk dari segi makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Setidaknya, ada lebih dari lima jenis makanan pemicu kanker yang tanpa kita ketahui atau sadari sering kita makan. Makanan-makanan tersebut meliputi:

1. Daging merah

Tidak banyak yang tahu jika daging yang berwarna merah termasuk kedalam makanan pemicu kanker. Baik daging sapi, kambing, ataupun babi.

Meskipun termasuk pemicu kanker, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. 18 ons perminggu adalah batas aman konsumsi daging merah.

Proses memasaknya juga harus diperhatikan. Hindari atau batasi memasak daging merah dengan cara dibakar atau dipanggang. Itu hanya akan semakin meningkatkan resiko kanker.

2. Daging olahan

Jika daging segar saja berpotensi menyebabkan kanker, apalagi daging olahan yang telah melalui proses pengawetan dan penambahan bahan kimia.

Maka dari itu, tidak heran jika daging olahan termasuk makanan yang bersifat karsinogenik atau makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Semua jenis daging olahan ini, seperti sosis, ham, kornet, dan lainnya sebaiknya tidak Anda konsumsi terlalu sering. Karena, tidak bagus untuk kesehatan Anda dan bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

3. Makanan kemasan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, beberapa makanan ringan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker. Dan, salah satunya adalah keripik kentang.

Hal ini karena, makanan kemasan mengandung bahan-bahan yang kemungkinan besar dapat memicu kanker, salah satunya adalah akrilamida.

Selain itu, makanan kemasan juga mengandung bahan pengawet sodium benzoat, sodium nitrit, sampai dengan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan lainnya.

4. Minuman beralkohol

Minuman keras yang banyak jenisnya ini juga memiliki sifat karsinogenik atau pemicu kanker. Baik itu wine, bir, maupun jenis lainnya tidak baik untuk Anda konsumsi, apalagi secara berlebihan.

Alkohol juga bisa menambah beban kerja hati atau liver dan berpotensi mempengaruhi kesehatan sel-sel saraf otak.

5. Makanan kalengan

Buah-buahan dan sayuran memang bagus untuk dikonsumsi. Tapip, tidak dengan buah dan sayur kalengan. Makanan kalengan, terlepas dari isi di dalamnya, tetap mengandung bahan pengawet yang bisa bersifat karsinogenik.

Pun dengan makanan kalengan lain, misalnya kornet, tuna kaleng, dan lainnya.

Makanan Pemicu Kanker (Bersifat Karsinogenik) Lainnya

Selain lima jenis makanan di atas, masih ada beberapa makanan maupun minuman lainnya yang dipercaya bersifat karsinogenik atau dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Makanan Pemicu Kanker

Nah, beberapa makanan yang bersifat karsinogenik tersebut diantaranya:

  • Popcorn yang dimasak dengan microwave
  • Acar
  • Buah-buahan dan sayuran yang mengandung pestisida
  • Makanan yang diolah dengan cara dibakar
  • Makanan yang diasap
  • Gula diet maupun gula halus
  • Ikan salmon yang dikembangkan secara masal atau diternakan
  • Tepung putih
  • Minuman bersoda dan minuman berkarbonasi lainnya.

Makanan pemicu kanker ternyata cukup banyak. Dan, sebagian besar adalah makanan yang sering dikonsumsi.

Makanan di atas masih bisa Anda konsumsi. Hanya saja, tidak boleh secara berlebihan. Anda juga perlu mengimbanginya dengan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan tetap berolahraga. Sehingga, risiko terkena kanker bisa ditekan.

Baca Juga : Penyebab Kanker Otot

Terima kasih telah menyimak informasi di atas sampai akhir. Semoga apa yang telah kami sampaikan mengenai makanan penyebab kanker yang harus Anda hindari di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, ya 🙂

Salam Sehat

Makanan Pemicu Kanker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*