Kegunaan Minyak Serai (Sereh) Untuk Otot Kaku dan Kram

Otot-otot kamu sering kaku dan kram? Sudah coba menggunakan minyak serai untuk mengatasinya? Banyak, lho, kegunaan minyak serai (sereh) untuk kesehatan, termasuk untuk otot kaku dan kram.

Kegunaan Minyak Serai

Belum mengetahuinya? Tenang saja. Karena, kali ini kami akan membagikan beberapa kandungan, khasiat dan manfaat minyak serai atau minya sereh (Citronella Oil).

Kegunaan Minyak Serai

Sekarang ini banyak sekali produk yang menggunakan essensial minyak serai sebagai salah satu komposisinya, sebut saja salah satunya minyak kayu putih.

Hal ini tidak lepas dari manfaat yang dimiliki minyak serai. Mungkin, belum banyak dari Anda yang mengetahui kegunaan dari minyak serai atau sereh ini untuk kesehatan. Padahal, manfaatnya lumayan banyak, lho.

Beberapa kegunaan minyak sereh atau citronella oil ini yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya adalah untuk:

  • Meredakan demam
  • Membunuh bakteri
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Bertindak sebagai astringen
  • Mengurangi nyeri perut
  • Mengatasi nyeri otot

Bagaimana? cukup banyak, kan, kegunaan minyak serai ini? Anda juga bisa menggunakannya saat otot-otot Anda terasa kaku atau kram. Cukup efektif untuk mengurangi nyeri pada otot akibat kaku dan kram, lho.

Kandungan Dalam Minyak Serai (Sereh) atau Citronella Oil

Selain beberapa vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan vitamin C, di dalam sereh ini juga terdapat kandungan lainnya, yang mana kandungan tersebut berupa:

  • Folat
  • Mineral perting, seperti magnesium, tembaga, potasium, kalsium, fosfor, mangan, seng dan besi

Selain itu, kandungan citral dan geraniolnya yang tinggi dipercaya dapat mengusir serangga seperti nyamuk dan semut. Maka dari itu, tidak heran jika banyak lotion anti-nyamuk yang menyertakan sereh sebagai salah satu komposisinya.

Kegunaan Minyak Serai Untuk Otot Kaku dan Kram

Selain menggunakan balsem atau minyak urut yang dijual bebas di apotek, apakah pernah terfikir untuk menggunakan minyak serai?

Kegunaan Minyak Serai Untuk Otot Kaku dan Kram

Padahal nih, ya, minyak serai ini lumayan efektif untuk meredakan otot kaku dan kram. Hal ini karena, mengurut bagian otot yang sakit dengan minyak serai dipercaya dapat melancarkan aliran darah di bagian itu.

Aliran darah yang tidak lancar diketahui sebagai salah satu pemicu kekakuan pada otot maupun kram.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokan minyak serai ini pada bagian otot yang kaku, kram, atau terasa nyeri.

Nah, itulah khasiat dan manfaat minyak serai untuk mengatasi masalah otot yang kaku atau kram. Selain minyak serai, Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengatasi masalah nyeri otot Anda.

Demikianlah informasi mengenai kegunaan minyak serai atau minyak sereh di atas kami sampaikan. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel ini. Semoga, apa yang kami sudah sampaikan di atas bisa bermanfaat, ya 🙂

Salam Sehat

Kegunaan Minyak Serai (Sereh) Untuk Otot Kaku dan Kram

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*