Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Nyeri pada beberapa bagian otot setelah melakukan olahraga ataupun fitnes termasuk hal yang umum terjadi. Kendati demikian, Apakah Anda tahu cara ampuh mengatasi nyeri otot setelah olahraga ataupun fitnes?

Tidak perlu risau! Di sini, kami akan coba memberikan informasinya untuk Anda. Semoga bisa membantu meringankan keluhan nyeri otot yang sering Anda alami setelah melakukan olahraga.

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Otot-otot yang sering terasa nyeri setelah melakukan olahraga dikenal dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Kondisi yang bisa terjadi pada siapapun. Umumnya, rasa nyeri mulai muncul sehari bahkan sampai tiga hari setelah olahraga.

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga
Jangan lupa untuk minum sebelum, selama berolahraga, dan setelahnya untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Bukan hanya karena tidak melakukan pemanasan dengan benar, nyeri otot DOMS ini juga bisa muncul sebagai bentuk adaptasi otot terhadap latihan yang Anda lakukan. Terlebih saat Anda memulai kebiasaan atau program olahraga baru.

Jadi, jangan kaget jika setelah Anda melakukan kegiatan olahraga diluar kebiasaan, otot-otot Anda terasa nyeri setelahnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara ampuh mengatasi nyeri otot setelah olahraga yang bisa Anda praktekan di rumah untuk mengurangi rasa sakitnya.

Cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga meliputi:

1. Memenuhi kebutuhan air

Dehidrasi akan menghambat proses pemulihan otot Anda yang mengalami cedera. Maka dari itu, Anda harus memenuhi kebutuhan air sebelum, selama olahraga, dan setelahnya untuk mengatasi nyeri otot setelah olahraga.

2. Perhatikan makanan yang akan Anda konsumsi

Bagi yang belum tahu, makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi penyembuhan pada otot, lho. Jika Anda mengalami nyeri otot setelah olahraga, Anda sebaiknya menghindari daging-dagingan, makanan tinggi garam, serta makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan beberapa buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi, termasuk aneka buah beri.

3. Kompres area otot yang mengalami nyeri

Untuk 48 jam pertama, Anda bisa menggunakan air dingin atau air es untuk mengompres bagian otot yang sakit. Salah satu kegunaanya untuk meminimalisir pembengkakan.

4. Mandi air panas

Cara ampuh mengatasi nyeir otot setelah olahraga lainnya adalah dengan mandi air panas atau air hangat. Efeknya berbeda dengan kompres. Manfaat mandi air hangat dapat sedikit melepaskan ketegangan otot. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menitan saja.

5. Istirahat

Pemulihan yang paling efektif adalah istirahat yang cukup. Tidurlah minimal selama 7-8 jam perhari. Dan, jangan tidur terlalu larut malam. Sebaiknya Anda mulai tidur di bawah jam 10 malam.

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Lainnya

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga
jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan, ya!

Selain dengan melakukan tindakan atau kegiatan di atas, untuk mengatasi nyeri pada otot-otot Anda setelah melakukan olahraga maupun fitnes, Anda juga bisa melakukan hal di bawah ini:

  • Akupuntur pada titik nyeri
  • Memijit bagian yang sakit (tentunya oleh orang yang sudah berpengalaman atau ahli)
  • Lakukan latihan bertahap
  • Melakukan peregangan
  • Mengkonsumsi kopi sebelum olahraga (masih dalam penelitian)
  • Menggunakan balsam

Anda juga bisa menggunakan suplemen herbal untuk mengatasi masalah nyeri otot yang Anda alami setelah melakukan olahraga ataupun fitnes.

QnC Jelly Gamat rekomendasi suplemen herbal terbaik untuk mengatasi nyeri otot yang Anda alami secara aman tanpa menimbulkan efek samping. Di dalamnya juga terdapat anti-analgesik untuk mengurangi rasa nyeri. Lebih lengkapnya, silakan baca di sini >> obatnyeriotot.azkacollection.net

Semoga artikel di atas mengenai cara ampuh mengatasi nyeri otot setelah olahraga bisa membantu Anda yang memang sering mengalami nyeri otot.

SALAM SEHAT

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Manfaat Jahe Untuk Meredakan Nyeri Otot dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*