Bahaya Asam Urat dan Komplikasinya

Pernah mendengar bahaya asam urat dan komplikasinya jika tidak segera diobati? Ada baiknya Anda tahu, sehingga Anda tidak akan lagi mengabaikannya.

Bahaya Asam Urat

Ada kalanya kita menganggap asam urat sebagai kondisi yang biasa karen dengan minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli di warung atau Apotek, sakitnya akan hilang.

Padahal, jika penyakit asam urat tidak mendapatkan penanganan dengan benar, kondisinya bisa bertambah parah sampai memicu komplikasi yang bisa membahayakan pendeirtanya.

Anda pasti belum tahu mengenai bahaya asam urat ini, kan? Nah, kali ini saya akan memberikan informasi terkait komplikasi asam urat dan juga bahayanya. Simak terus, ya!

Bahaya Asam Urat

Asam urat bukanlah penyakit sendi biasa yang bisa sembuh begitu saja. Harus mendapatkan penanganan dengan serius agar tidak bertambah parah.

Jika tidak segera di atasi, penumpukan asam urat yang telah menjadi kristal di persendian bisa melukai sendi tersebut.

Bukan hanya rasa nyeri dan kaku pada persendian, asam urat juga bisa memicu kondisi yang lebih berbahaya dari itu. Salah satunya adalah batu ginjal.

Lho, kenapa bisa asam urat menjadi batu ginjal?

Tingginya kadar asam urat yang kemudian tidak sepenuhnya bisa disaring oleh ginjal juga bisa mengendap di ginjal. Karena, materi pembentuk batu ginjal bukan hanya protein, tapi juga zat asam urat.

Ketika asam urat yang tinggi ini tidak diobati dengan segera, batu di ginjal bisa terbentuk. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan rasa nyeri hebat pada bagian perut maupun pinggang yang hilang timbul.

Kemudian, jika pada tahap ini tidak juga mendapatkan penanganan, maka kondisinya bisa bertambah parah, yakni menjadi gagal ginjal.

Kegagalan fungsi dari ginjal ini membuat Anda harus melakukan cuci darah secara rutin sesuai anjuran dokter yang menangani Anda.

Selain itu, masih ada beberapa komplikasi yang muncul akibat penyakit asam urat jika tidak segera diobati, dan itu bisa membahayakan penderitanya.

Komplikasi Asam Urat

Bahaya Asam Urat
Tophi Asam Urat

1. Tophi

Ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit asam urat, dan tophi atau benjolan pada jari kaki atau bagian lain yang terkena asam urat merupakan yang paling umum terjadi.

Tophi ini muncul akibat kristal asam urat yang menumpuk di bawah kulit. Warnanya bisa putih atau kekuningan. Bisa menimbulkan rasa sakit yang parah, mengeluarkan cairan seperti pasta gigi, dan bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

2. Kerusakan Sendi

Asam urat yang berlangsung lama dan tidak mendapatkan penanganan dapat merusak jaringan sendi secara permanen.

Selain itu, kerusakan pada sendi, bahaya asam urat lainnya adalah membuat sendi penderitanya bengkok dan susah untuk digerakan.

Operasi menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki sendi-sendi penderita asam urat yang mengalami kerusakan.

Selain dua kondisi di atas, penderita asam urat juga berpotensi besar mengalami gangguan tidur akibat rasa sakit yang sering kambuh pada malam hari.

Penyakit asam urat juga dipercayai dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes sebanyak 20%, hipertensi, dan penyakit jantung. Yang ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menghindari Bahaya Asam Urat dan Komplikasinya?

Ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan guna menghindari komplikasi penyakit asam urat yang berbahaya tersebut. Beberapa diantaranya dengan:

  • Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti daging merah, seafood, termasuk sayuran berwarna hijau
  • Perbanyak konsumsi air
  • Tetap olahraga
  • Hindari stres
  • Tidak kondumsi alkohol, bir, maupun minuman bersoda
  • Lakukan pengobatan

Jika Anda merasa dengan obat yang dikonsumsi selama ini tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa mendukungnya dengan menggunakan ramuan herbal.

Rekomendasi herbal terbaik yang telah terbukti ampuh akan khasiatnya untuk mengobati penyakit asam urat, silakan baca disini : Obat Herbal Asam Urat


Demikianlah informasi mengenai bahaya asam urat dan komplikasinya di atas saya sampaikan. Semoga, dengan ini Anda menjadi lebih peduli dengan penyakit yang Anda derita, sehingga Anda bisa segera mendapatkan penanganan untuk mencegah kondisi yang tidak di-inginkan.

Terima kasih sudah menyimak, semoga lekas sembuh 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*